Thursday, March 14, 2013

Perkembangan Teknologi internet

Pengaruh Perkembangan Teknologi Internet Terhadap Minat Membaca Di Kalangan Pelajar
Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi khususnya internet juga semakin maju. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet diseluruh internet dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs dlam jaringan internet mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan.
Gejala berkurangnya minat membaca dikalangan pelajar tidak dapat dilepaskan dari perubahan yang terjadi pada masyarakat. Bertambah majunya teknologi komunikasi menjadi salah satu penyebab berkurangnya minat membaca. Selain teknologi komunikasi juga menyediakan berbagai fasilitas dan efisiensi bagi sebagian orang untuk melakukan kegiatan ekplorasi sumber informasi melalui fasilitas lain seperti internet.
          Dari apa yang telah dijabarkan diatas, terlihat bahwa ada pengaruh yang kuat antara perilaku menggunakan teknologi internet dengan minat membaca dikalangan pelajar. Jaringan internet memang memudahkan untuk mencari data dan informasi yang dibutuhkan. Dengan itulah pelajar lebih cenderung mencari data dan informasi dari internet daripada membaca buku, meskipun buku-buku telah disediakan di berbagai perpustakaan sokolah, perpustakaan kota, dan masih banyak lagi perpustakaan lain yang menyediakan fasilitas buku untuk para pelajar.
Internet lebih sering digunakan oleh para pelajar sebagai media daripada buku, karena mereka cenderung lebih malas untuk membuka halaman demi halaman di dalam sebuah buku.  Padahal yang selama ini kita tahu, bukulah yang selalu menyajikan suatu informasi dengan lengkap dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sedangkan internet, besar sekali kemungkinan data yang disajikan telah mengalami modifikasi sesuai kebutuhan seseorang maupun sebuah lembaga tertentu.
Hampir seluruh pelajar merasa nyaman dan menikmati dengan kecanggihan jaringan internet yang semakin berkembang, karena dengan internet dapat berkomunikasi dari seluruh dunia, dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah, Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan, dan masih banyak lagi keuntungan atau dampak positif dari internet.
Internet memang sangat memudahkan mencari informasi maupun data, tetapi harus diketahui bahwa internet juga dapat berdampak negatif, seperti Pornografi (gambar-gambar yang tidak sepantasnya yang bias mengakibatkandorongan kepada seseorang untuk bertindak criminal), Violence and Gore (kekejaman dan kesadisan yang bias mengakibatkan menurunnya mental seseorang), Penipuan, Carding (kartu kredit on-line), Perjudian, dan masih banyak lagi dampak negatif lainnya dari perkembangan teknologi internet dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mengetahui dampak positif dan negatif dari perkembangan internet diatas, kita sebagai generasi penerus hendaknya harus mampu berfikir kritis dalam menanggapi perkembangan zaman yang sangat pesat.
Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat membaca, misalnya:
1.     Budaya membaca buku seharusnya ditanamkan sejak dini dalam keluarga agar terbiasa dan mempunyai kesadaran diri betapa pentingnya membaca.
2.     Tumbuhkan dalam diri sendiri motivasi membaca yang tinggi dan kita tidak hanya mengandalkan internet dalam mencari informasi melainkan internet dijadikan alternatif saja.
3.     Peran orang tua juga sangat dibutuhkan agar lebih memperhatikan kegiatan sehari-hari anaknya sehingga memiliki motivasi membaca dan memiliki mental yang baik, dan untuk jangka panjangnya perlu dihadirkan buku elektronik   ( ebook ) melalui internet, karena dianggap lebih menarik dan modern.

No comments:

Post a Comment